WINLIVE4D Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Lupus

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit LupusWINLIVE4D Deteksi dini anemia defisiensi besi pada anak Deteksi dini virus HPV Kalkulator kebutuhan protein anak Vaksin rotavirus Tes gangguan kecemasan Periksa tingkat stres Lihat semua

Deteksi dini HPV Bisakah Anda berisiko tertular HPV?Lihat selengkapnya Kalkulator BMICApakah berat badan Anda ideal?Lihat lebih lanjut Kalkulator kalori Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan per hari?Lihat lebih banyak

Apa Yang Dimaksud Dengan Penyakit Lupus

WINLIVE4D HestiNutrisi • bulan Apakah Anda yakin kebutuhan protein bayi Anda tercukupi? Cek faktanya di sini!HestiParenting •24 hariTanya Dr. Hansa Natanael Sp.A di Komunitas Parenting Hello SehatHestiNutrisi •20 hari#HelloMeetUP: Kelas diet eksklusif dengan ahli gizi, gratis!

Apa Saja Faktor Risiko Penyakit Lupus?

WINLIVE4D Anda mungkin pernah mendengar tentang serigala. Meski tahu namanya, hanya sedikit orang yang mengetahui apa sebenarnya lupus, penyebab dan pengobatannya.

Namun pada penderita lupus (odapo), antibodi tersebut justru menyerang sel tubuhnya sendiri. Akibatnya, odapo lebih rentan terhadap infeksi atau peradangan.

Peradangan akibat lupus dapat menyerang berbagai organ dalam tubuh, antara lain persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

Berdasarkan data Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (PUSDATIN), terdapat 2.166 pasien lupus yang dirawat di rumah sakit pada tahun 2016.

Dinkes Prov Jatim

Namun angka ini kemungkinan berbeda dengan angka di lapangan karena tidak semua kasus dilaporkan dan banyak masyarakat yang tidak menyadari bahwa mereka terkena dampaknya.

Berdasarkan data yang ada, odapo lebih banyak terjadi pada wanita. Terutama mereka yang masih dalam usia kerja, yakni. sekitar 15-50 tahun.

Meski masih belum bisa dipastikan, penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of the Rheumatic Disease menyebutkan bahwa wanita memiliki risiko lebih besar terkena lupus karena gen kromosom yang dimilikinya.

Lupus merupakan penyakit yang dikenal dengan sebutan “penyakit 1000 wajah”. Istilah ini muncul karena gejalanya mirip dengan banyak penyakit lainnya. Akibatnya, penyakit ini sulit dideteksi sejak dini.

Rs. Bhayangkara Surabaya

Biasanya, orang dengan riwayat keluarga lupus mendapatkan hasil positif pada tes DNA autoimun. Namun, kecenderungan tersebut tidak selalu menyebabkan penyakit autoimun.

Faktanya, penyakit autoimun ini lebih banyak menyerang wanita. Fenomena ini dapat dijelaskan oleh hormon seks yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh wanita dan pria, yang keduanya jelas berbeda.

Tubuh wanita lebih banyak memproduksi dan menggunakan hormon estrogen, sedangkan tubuh pria mengandalkan hormon yang disebut androgen.

Estrogen dikenal sebagai hormon “peningkat kekebalan”. Artinya, perempuan sebenarnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan laki-laki.

Dalam Rangka Hari Lupus Sedunia 2021, Ini Cara Mendeteksi Gejala Lupus Sedari Dini

Mengutip situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, asap rokok, infeksi virus tertentu, dan obat-obatan dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun.

Zat-zat ini dapat menyebabkan reaksi peradangan, yang kemudian dapat mendorong pembentukan autoantibodi, yakni. antibodi yang menyerang jaringan tubuh sendiri.

Oleh karena itu, proses diagnosis penyakit autoimun biasanya dilakukan melalui serangkaian pemeriksaan seperti tes urine, tes darah, dan tes antibodi.

Dokter biasanya juga akan meninjau riwayat kesehatan keluarga Anda, melakukan pemeriksaan kesehatan secara umum, dan menyarankan Anda menjalani biopsi kulit dan ginjal.

Video Viral Infus Putih Menyebabkan Autoimun, Ini Kata Dokter Halaman All

Jika hasil tes menunjukkan bahwa Anda adalah pasien, dokter akan merencanakan pengobatan tergantung kondisi kesehatan Anda.

Karena penyebab pasti penyakit ini belum diketahui, pengobatan odapus dilakukan untuk mencegah kambuhnya gejala, mengurangi keparahannya, mencegah kerusakan organ, melemahkan respon imun dan mencegah komplikasi.

NSAID merupakan obat pereda nyeri yang biasanya diberikan kepada pasien untuk mengatasi nyeri, demam, dan pembengkakan sendi. Contoh NSAID adalah naproxen, motrin dan ibuprofen.

Kebanyakan NSAID tidak memerlukan resep dari dokter, namun beberapa obat yang memiliki dosis tinggi dan menimbulkan efek samping memang memerlukan resep.

Tips Memberi Dukungan Untuk Anak Dengan Penyakit Lupus

Dalam pengobatan odapa, obat malaria diperlukan untuk mengatasi gejala nyeri sendi, ruam kulit, radang jantung dan demam, yang juga umum terjadi pada penyakit malaria.

Sayangnya, pengobatan kortikosteroid memiliki efek samping jangka panjang, termasuk penambahan berat badan, peningkatan kerapuhan tulang, dan peningkatan risiko hipertensi dan diabetes.

Obat imunosupresif bekerja dengan mengurangi fungsi sistem kekebalan tubuh. Obat-obatan jenis ini sangat diperlukan bagi orang-orang yang daya tahan tubuhnya terlalu dominan.

Odapo rentan terhadap penyakit sendi dan tulang. Olahraga teratur dapat membantu Odapus menjaga kesehatan tulang dan persendian.

Perawat Medis Dapat Membantu Penderita Penyakit Autoimun Di Rumah

Merokok akan memperburuk penyakit ini. Orang yang merokok memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung, serangan jantung, dan pneumonia yang dapat memperburuk kondisinya.

Stres hanya akan memperburuk gejala depresi. Itu sebabnya kemampuan menangani stres dengan baik sangatlah penting. Salah satunya sedang cukup istirahat.

Odapo perlu mengetahui kapan gejala muncul dan apa penyebabnya. Misalnya saja saat tubuh mulai terasa lelah, sebaiknya segera istirahat dan hentikan segala aktivitas terlebih dahulu.

Sinar matahari dapat memperburuk ruam kulit yang ada. Jika Anda harus keluar rumah pada siang hari, sebaiknya gunakan tabir surya dan tutup pakaian untuk melindungi kulit.

Fakta Seputar Penyakit Lupus Yang Menarik Untuk Diketahui

Oleh karena itu konsumsilah makanan yang cocok untuk odapa seperti buah-buahan, ikan yang kaya asam lemak omega-3 dan makanan yang mengandung kalsium.

Lupus eritematosus sistemik (SLE). (2022, 5 Juli). Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Diakses pada 8 Februari 2023, dari https://www.cdc.gov/lupus/facts/detailed.html. Hughes, T., Adler, A., Merrill, JT, Kelly, JA dkk. (2011). Analisis gen autosomal mengungkapkan interaksi gen-jenis kelamin dan risiko genetik keseluruhan yang lebih tinggi pada pria dengan lupus eritematosus sistemik. Roczniki Chrób Rheutyczne, 71 (5), 694-699. Diakses pada 8 Februari 2023, dari https://doi.org/10.1136/annrheumdis-2011-200385. Jenis-Jenis Lupus: Pusat Lupus Johns Hopkins. (2019, 27 Maret). Pusat Lupus Johns Hopkins. Diakses pada 8 Februari 2023, dari https://www.hopkinslupus.org/lupus-info/types-lupus/. Lupus – Diagnosis dan Pengobatan – Mayo Clinic. (2021, 27 Januari). Klinik Mayo – Klinik Mayo. Diakses pada 8 Februari 2023, dari https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lupus/diagnosis-treatment/drc-20365790. Situasi lupus di Indonesia. (2017). Pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan RI. Diakses pada 8 Februari 2023, dari ISSN 2442-7659. Diambil 20 Februari dari https://www.kemkes.go.id/article/view/17091200003/situasi-lupus-di-indonesia.html Lupus pada wanita. (2022, 28 Juni). Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Diakses pada 8 Februari 2023, dari https://www.cdc.gov/lupus/basics/women.htm Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang berbagai organ tubuh dan bersifat kronis. Gejalanya sangat bervariasi sehingga terkadang sulit dikenali, dan pengobatan seringkali terlambat.

Jika lupus tidak terdeteksi dan tidak segera terdiagnosis, dapat terjadi kerusakan pada berbagai organ dan akibatnya dapat berakibat fatal atau bahkan fatal, namun pengobatan segera memungkinkan pasien untuk kembali ke kesehatan normal secara umum, meskipun diperlukan pengobatan jangka panjang.

Tubuh kita mempunyai sistem pertahanan terhadap kuman yang masuk ke dalam tubuh yang disebut antibodi. Jika antibodi yang diproduksi tubuh menjadi terlalu besar, maka menyerang organ dalam tubuh sendiri, inilah yang disebut dengan penyakit autoimun. Penyebab pastinya belum diketahui, namun diduga terkait dengan berbagai faktor termasuk genetika, lingkungan (infeksi, paparan bahan kimia, dll) dan hormon.

Penyakit Autoimun Dan Gejala Klinisnya

Selain itu, tes laboratorium dapat menunjukkan kelainan darah seperti anemia (kekurangan sel darah merah), trombositopenia (kekurangan trombosit), atau leukopenia (kekurangan sel darah putih). Tes urine dapat mengungkapkan kebocoran protein dari ginjal. Selain itu lupus juga dapat menyerang mata, jantung, paru-paru, usus dan organ lain yang ada.

Karena gejala penyakitnya yang beragam, maka penyakit ini memerlukan penanganan multidisiplin yang melibatkan dokter spesialis reumatologi, imunologi, penyakit dalam, dokter spesialis kulit dan mata serta dokter spesialis lain yang berkaitan dengan kondisi pasien.

Lupus bukanlah penyakit yang menakutkan, namun dengan mengetahui penyakit lupus dan gejalanya serta belajar hidup dengan penyakit lupus membuat kita lebih waspada dan sekaligus jika anda seorang penderita semoga dapat mengendalikannya dengan lebih baik. Lupus eritematosus sistemik (SLE) 2. Lupus kulit (CLE) 3. Lupus akibat obat 4. Lupus neonatus 1. Perubahan hormonal 2. Genetika 3. Faktor lingkungan 1. Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) 2. Steroid 3. Hidrokloroklor (Plaquenil ®) 4. Azathioprine (Imuran®) 5. Cyclophosphamide (Cytoxan®) dan mycophenolate mofetil (CellCept®) 6. Belimumab (Benlysta®) 7. Antimalaria Kapan sebaiknya Anda ke dokter?

Lupus merupakan penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri (penyakit autoimun).

Apa Itu Vitiligo? Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya

Seperti dijelaskan dalam situs Cleveland Clinic, lupus merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan kerusakan organ dan nyeri seperti ruam kulit, nyeri sendi, dan demam.

Gejala mungkin memburuk untuk sementara, kemudian membaik atau bahkan hilang untuk sementara waktu. Dalam hal ini, lupus menjadi penyakit kronis seumur hidup yang harus diobati secara rutin.

Apakah lupus menular atau tidak? Lupus bisa menular jika ada faktor genetik. Sang ibu berisiko menularkan lupus kepada bayinya.

Salah satu jenis lupus yang paling umum adalah SLE. SLE merupakan salah satu jenis penyakit lupus kronis yang dapat bergantian antara fase gejala buruk dan periode gejala ringan.

Hal Yang Kurang Diketahui Tentang Lupus, Penyakit Dialami Selena Gomez

Lupus kulit merupakan salah satu jenis lupus yang dapat didiagnosis dengan munculnya ruam atau lesi pada kulit. Lupus dapat didiagnosis dengan biopsi dengan ciri khas ruam. Serigala ini juga dikenal sebagai serigala kulit.

Lupus akibat obat adalah jenis lupus baru yang muncul akibat paparan suatu obat dan hilang ketika obat dihentikan. Ada risiko terkena lupus jika penderita lupus menggunakan jenis obat tertentu selama lebih dari 1 bulan.

Serigala jenis ini tergolong sangat langka. Biasanya hanya terjadi pada bayi dan ibu karena adanya antibodi autoimun tertentu.

Salah satu penyebab lupus adalah perubahan hormonal. Telah disebutkan sebelumnya bahwa lupus lebih sering terjadi pada wanita berusia antara 15 dan 45 tahun.

Apa Itu Penyakit Autoimun?

Penyebab lupus pada wanita adalah tingginya kadar hormon estrogen. Pasalnya lupus sering terjadi pada wanita pada masa reproduksinya.

Riwayat keluarga (genetika) juga menjadi penyebab penyakit lupus. Meskipun lupus tidak terkait dengan gen tertentu, penyakit autoimun lainnya sering kali diturunkan dari keluarga penderita penyakit tersebut.

Oleh karena itu, ketika ada anggota keluarga yang mengidap lupus, maka dapat meningkatkan risiko diri Anda terkena lupus.

Ada beberapa faktor lingkungan yang dapat meningkatkan risiko terkena lupus. Faktor lingkungan yang menjadi penyebab lupus antara lain:

Hati Hati! Wanita Muda Rentan Terkena Penyakit Lupus

Sampai

Apa yang dimaksud dengan penyakit adhd, apa yang dimaksud penyakit lupus, apa yang dimaksud dengan penyakit gonore, apa yang dimaksud dengan penyakit sipilis, apa yang dimaksud dengan penyakit ginjal, apa yang dimaksud dengan penyakit ambeien, yang dimaksud penyakit lupus, apa yang di maksud dengan penyakit lupus, apa yang dimaksud dengan lupus, apa yang dimaksud dengan penyakit sifilis, apa yg dimaksud dengan penyakit lupus, apa yang dimaksud dengan penyakit raja singa

winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d winlive4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *